MAKALAH COMPILER PASCAL

Monday 21 October 2013
2.1 Pengertian Kompilator
            Kompilator adalah bahasa pemrograman yang menerjemahkan bahasa program (source code) ke dalam bahasa objek (obyek code). Pada compilator keseluruhan dari semua bahasa digabungkan, kemudian mengumpulkannya dan menyusunnya kembali.
2.2 Konsep Kerja Kompilator (Turbo Pascal)
            Pertama-tama kita membuat source code atau program yang ditulis, dimana program ini akan terbaca ke memori komputer. Selanjutnya code tersebut diubah menjadi obeyek code (bahasa assembly). Lalu Objek code di hubungkan dengan liberary yang dibutuhkan untuk membentuk file yang bisa dieksekusi.
            Pada tahapan ini compiler memerlukan waktu untuk membuat suatu program dapat di eksekusi oleh computer, program yang dieksekusi oleh compiler adalah dapat berjalan lebih cepat dibanding program yang diperoduksi oleh interpreter, disamping itu juga bersifat independen.
            Pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai penggunaan atau cara kerja compiler terkhusus pada pascal dengan menggunakan aplikasi turbo pascal.
2.2.1 Program Pascal yang paling sederhana
            Program pascal yang paling sederhana adalah program yang hanya terdiri dari senuah bagian pernyataan saja. Bagian prnyataan merupakan bagian yang terkahir dari suatu blok. Bagian ini diawali dengan kata Begin dan diakhiri dengan kata End. Jadi suatu program pascal yang paling sederhana dapat berbentuk
Begin
            Pernyataan;
End.
           
 


           

Bagian pernyatan menunjukkan suatu tindakan yang akan dikerjakan oleh program. Tindakan yang akan dilakukan program, bergantuk dari instruksi-instruksi yang diberikan. Pernyataan-pernyataan yang diberikan untuk dikerjakan ditulia diantara kata Begin dan End. Akhir penulisan End  yang harus diakhhiri dengan tanda titik. Sebagai contoh, kami akan menunjukkan pertnyataan yang akan diterjemahkan, yang ada di antara 2 kata yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Begin
            Writeln(‘test’);
End.
           
 




2.2.2 Penulisan Program Pascal
            Turbo pascal tidak mengenal aturan penulisan pada kolom tertentu, jadi kita bisa menulis pada kolom yang kta inginkan. Penulisan pernyataan-pernyataan pada umumnya menjorok masuk, padahal hal tersebut tidak mempengaruhi proses penerjemaahan, tp hal ini dimaksudkan agar dapat mempermudah pembaca program, sehingga akan lebih terlihat bagian-bagiannya. Dan tidak lupa pada seriap akhir pernyataan diakhiri dengan tanda titik koma.
Contoh :
Begin
            Writeln(‘Pascal’);
            Writeln(‘test’);
End.
           
           
 



                                                                                                                                     
2.2.3 Judul Program
            Pada turbo Pascal, judul program bersifat opsional dan tidak terlalu berarti dalam program. Jika ditulis dapat digunakan untuk memberi nama program dan daftar dari parameter tentang komunikasi program dengan lingkungan yang sifatnya hanya sebagai dokumentasi saja. Bila judul program ditulis, harus terletak pada awal dari program dan diakhiri dengan titik koma. Judul program ditulis dalam satu kata, jika lebih dari dua ata harus disambung dengan tanda hubung bawah (tidak boleh ada spasi kosong).
Program Contoh_awal;
Begin
            Writeln(‘Pascal’);
            Writeln(‘test’);
End.
           
           
 




Judul program sifatnya hanya sebgai dokumentasi saja, tidak berkaitan dengan proses pemrograman.
2.3 Elemen-elemen program Pascal
            Agar dapat memepelajari suatu bahasa pemrograman komputer dengan benar, pertama-tama yang harus kita ketahui yaitu mengenai struktur dari program yang akan dibuat dengan bahasa tersebut. Adapun elemen-elemen yang membentuk program tersebut akan dibahas lebih lanjut pada sub bab ini.
2.3.1 Simbol-simbol dasar
            Program Pascal dapat dibentuk dari simbol-simbol yang terdiri dari huruf-huruf, angka, dan simbol-simbol khusus.
1.      Huruf
Huruf yang digunakan adalah huruf A sampai dengan Z, a sampai dengan z dan garis bawah _ (garis bawah). Sedangkan penggunaan huruf kapital dan huruf kecil dianggap sama.
2.      Angka
Angka yang digunakan adalah angka 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
3.      Simbol khusus
Simbol khusus yang dapat digunakan adalam :+-*/=^()[]{},.;:’#$<>



2.3.2 kata cadangan
            Kata cadangan adalah kata-kata yang sudah didefinisikan oleh Pascal dimana kata-kata tersebut mempunyai maksud tertentu. Kata-kata cadangan tidak boleh didefinisikan ulang oleh pemakai, sehingga tidak dapat dipergunakan sebagai pengenal.
            Adapun contoh dari kata cadangan pada Pascal yaitu:
And                 Array               Begin               Case                Cosnt
Div                  Do                   Downto           Else                 End
File                  For                   Forward          Function          Goto
It                     In                     Label               Mcd                 Nil
Not                  Of                    Or                    Procedure        Program
Record                        Repeat             Set                   Shl                   Shr
String              Then                To                    Type                Until
Uses                Var                  While               With                Xor







0 komentar:

Post a Comment