Jaringan dan Topologi Jaringan

Sunday 27 October 2013


A.     Pengertian Jaringan Komputer

     Jaringan Komputer dapat diartikan sebagai sekumpulan komputer dan peralatan lain seperti printer yang saling terhubung. Informasi dan data-data bergerak melalui kabel-kabel sehingga dapat saling bertukar data,teks atau informasi kemudian dapat mencetak pada printer yang sama kemudian dapat menggunkan hardware dan software yang sama terhubung dengan jaringan.Komputer yang terkoneksi dengan jaringan disebut node.Tiap jaringan komputer dapat memiliki 2 hingga ribuan node, dalam tiap jaringan komputer terdiri dari 2 atau lebih komputer yang memungkinkan adanya pertukaran data atau pendayagunaan bersama. Koneksi ini dimungkinkan dengan daya dari media telepon,infra merah,gelombang radio dan satelit
.

B.   Jenis-Jenis Jaringan Komputer
                  Ada empat jenis jaringan berdasarkan daerah geografisnya:
1.      LAN (Local Area Network)
Merupakan suatu jaringan internal yang banyak digunakan dalam gedung atau kampus. Biasa digunakan dalam menhubungkan workstation dan komputer-komputer pribadi dalam suatu organisasi dan perusahaan-perusahaan dalam pemakaian bersama seperti printer ,penyimpanan data serta saliang bertukar informasi.Jaringan ini mencakup wilayah kecil,kebanyakan LAN menggunakan switch yang mempunyai kecepatan 10,100 dan 1000 Mbit/s.Dalam jaringan LAN terdapat satu komputer biasa yang umumnya digunakan sebagai server berfungsi memberikan layanan perangkat lunak (software),mengatur aktivitas jaringan dan menyimpan file selain itu juga ada beberapa komputer yang terhubung dalam jaringan yang disebut workstation.Pada umumnya LAN menggunakan media kabel sebagai penghubung.LAN dibedakan menjadi tiga jenis yaitu berdasarkan ukuran,teknologi transmisi,dan topologinya.LAN mempunyai ukuran terbatas yang berarti sewaktu transmisi data terburuknya dapat diketahui sebelumnya sehingga memudahkan pengaturan jaringan.Teknologi transmisi yang biasa digunakan adalah transmisi kabel tunggal.Pada LAN biasa atau tradisional kecepatan transmisi biasanya 10-100 Mbps dengan delay rendah dan factor kesalahan yang kecil.LAN modern dapat beroperasi dengan kecepatan tinggi sampai ribuan Mbps.Topologi yang digunakan biasa topologi Bus dan Ring dengan teknologi transmisi broadcast. Jaringan LAN 10 m dalam ruangan,100 m dalam Gedung dan 1km pada kampus. Contoh wireless ,kabel dan lain-lain.
2.      MAN (Metropolitan Area Network)
        Sama halnya dengan LAN namun dengan jangkauan wilayah yang lebih luas, Jaringan ini dapat menjangkau anatar dua perusahaan atau organisasi yang saling berdekatan.Banyak digunakan unutk keperluan umum atau swasta.MAN mampu menunjang data dan suara bahakan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.Jaringan MAN menghubungkan jaringan kecil yang ada,seperti LAN  menuju kepada lingkungan yang lebih besar,contohnya beberapa bank yang memiliki jaringan komputer disetiap cabangnya dapat berhubungan satu sama lain sehingga setiap nasabahnya dapat melakukan transaksi menyimpan uang,mengambil uang,atau transaksi lainnya di cabang manapun dalam provinsi yang sama.Standar yang ditentukan dalam arsitektur MAN menggunakan standar DQDB(Distributed Queue Dual Bus) atau 802,6 menurut standar IEEE (Institute of Electronic Engineer).DQDB terdiri atas dua kabel unidirectional.Semua Komputer dihubungkan dengan setiap bus mempunyai Head-end,yaitu perangkat untuk memulai aktivitas transmisi data. Lalu lintas yang menuju komputer sebelah kanan menggunakan bus bagian atas.sedangkan menuju komputer sebelah kiri menggunakan bus yang berada di bawah.Man memiliki wilayah sekitar 10 km meliputi wilayah atau provinsi.
3.      WAN (Wide Area Network)
      Jaringan ini mencakup daerah geografis suatu wilayah yang luas. Bahakan dapat mencakup suatau Negara atau benua,jaringan ini banyak menggunkan mesin-mesin dengan tujuan menjalankan program atau aplikasi-aplikasi dari pemakai.Jaringan ini menghubungkan komputer-komputer menggunakan satelit atau kabel bawah laut.Komunikasi dan Transformasi data dapat dilakukan dalam beberapa menit anatr komputer.Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat mesin atau komputer yang disebut Host.Host dihubungkan dengan sebuah subnet komunikasi.Subnet membawa pesan dari suatu host ke host lainnya.Topologi yang digunakan WAN biasanya topologi tak menentu.Pada sebagian besar WAN mempunyai dua komponen yaitu elemen switching dan kabel transmisi, Kabel transmisi (sirkuit,channel atau trunk),kabel switching berfungsi menghubungkan dua kabel transmisi atau lebih.Saat data sampai ke kabel penerima elemen switching harus memilih kabel penerima agar dapat meneruskan pesan ke penerima.Pada  sebagian  besar  WAN,  jaringan  terdiri  dari  sejumlah  banyak  kabel  atau saluran  telepon  yang  menghubungkan  sepasang  router.  Bila  dua  router  yang  tidak mengandung  kabel  yang  sama  akan  melakukan  komunikasi,  keduanya  harus berkomunikasi  secara  tak  langsung melalui  router  lainnya.  ketika  sebuah  paket  dikirimkan dari  sebuah  router  ke  router  lainnya  melalui  router  perantara  atau  lebih,  maka  paket  akan diterima  router  dalam  keadaan  lengkap,  disimpan  sampai  saluran  output  menjadi  bebas, dan kemudian diteruskan.Contoh Modem,ISDN,DSL,Frame Relay,ATM dan SONET.
4.      Internet
     Jaringan seperti internet ini banyak digunakan masyarakat umum untuk dapat terhubung dengan orang lain,saling bertukar informasi,data dan berbagai macam aktivitas lainnya ,namun jaringan yang digunakan kadang tidak compatible,sehinnga membutuhkan sebuah mesin yang disebut gateway yang berfungsi sebagai penerjemah jaringan yang tidak compatible tersebut.Bentuk internet secara umum berupa kumpulan dari LAN yang dihubungkan  oleh WAN
C.     Perangkat – Perangkat Jaringan
1.      Server
Merupakan sebuah pusat control dari sebuah jaringan komputer dan biasanya berupa komputer dengan kecepatan tinggi dengan kapasitas RAM yang cukup besar dengan space Hardisk yang cukup besar,sistem operasi yang digunakan merupakan workstation yang khusus dapat melayani workstation.
2.      Workstation
    Workstation berupa komputer-komputer yang terhubung dengan jaringan.Komputer ini melakukan akses ke server yang telah menyediakan pelayanan ke workstationnya.
3.     
Network Interface Card
  NIC sering disebut Ethernet Card, digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer ke jaringannya. NIC memberikan suatu koneksi fisik antara kabel jaringan dengan bus internal komputer.Kartu jaringan yang banyak digunakan adalah kartu Ethernet,Konektor localtak ,kartu jaringan token ring,Ethernet digunakan bila belum memiliki port untuk LAN kartu jaringan ini memiliki port untuk koneksi kabel koaksial dan twisted pair.konektor yang digunakan adalah BNC untuk kabel koaksial dan RJ-45 untuk kabel twisted pair.Untuk Localtalk connector digunakan untuk komputer mancitosh,menggunakan sebuah kotak adapter khusus dan kabel yang terpasang ke port printer ,kecepatan transport data hanya 0,23 Mbps.Untuk Token Ring Card menggunakan konektor 9 pin,banyak digunakan pada laptop kartu jaringan ini dipasangkan pada slot PCMCIA.
4.      HUB dan SWITCH
Disebut juga reapeater hub merupakan komponen jaringan yang digunakan di dalam jaringan 10Mbps tradisional untuk menghubungkan komputer-komputer dalam jaringan skala kecil (LAN).Pada perangkat hub, semua anggota jaringan yang terhubung dengan perangakat ini melakukan transmisi data padajaringan (collision domain). Ini berarti, jika lebih dari satu komputer mengirim data ke jaringan secara bersamaan, maka tidak satupun komputer
yang dapat memanfaatkan 100% bandwidth jaringan yang tersedia.Hub dibagi menjadi dua jenis hub aktif dan pasif.Dalam topologi star komputer yang dihubungkan dengan kabel twisted pair menggunakan hub.Switch adalah device sederhana yang juga berfungsi untuk menghubungkan multiple komputer. Switch memang identik dengan hub, tetapi switch lebih cerdas dan memilikikualitaslebih tinggi dibanding hub.
Secara tipikal berikut kelebihan dari switch :
  Dapatmempelajari paket-paket data yang mereka terima
  Dapat  menentukan sumber dan tujuan paket yang
Melaluinya.
  Dapatmentranspor paket-paket dengan tepat.

5.      Repeater
Repeter berfungsi sebagai penguat sinyal dari kabel.Misalnya pada sebuah jaringan LAN dengan topologi star dengan memakai kabel UTP,panjang kabel tersebut kurang lebih 100 m.
6.      Bridge
Bridge adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk memecah jaringan yang besar. Bridge bekerja pada layer data-link dari model OSI. Bridge bekerja dengan mengenali alamat MAC asal yang mentransmisi data ke jaringan dan secara otomatis membangun sebuah table internal. Tabel ini berfungsi untuk menentukan ke segmen mana paket akan di route dan menyediakan kemampuan filtering.
7.      Router
   Perangkat yang menghubungkan LAN dengan internet dalam merutekan datanya.kelebihannya karena mampu mencari sis
sibuk serta mencari rute terbaik dalam mntransmisikan data. Router dapat mengatur sinyal secara efisien,mengatur pesan antar dua protokol,mengatur pesan anatr topologi jaringan serta mengatur pesan melalui kebel koaksial,serat optik dan twisted pair.




BAB III
PEMBAHASAN

A.     Defenisi Sistem Jaringan Komputer

         Konsep dari jaringan komputer ini lahir pada tahun 1940-an di Amerika Serikat.Defenisi dari sistem jaringan komputer adalah sekumpulan komputer ,printer dan peralatan lainnya yang terhubung menjadi suatu kesatuan.Informasi dan data-data bergerak melalui atau tampa melalui kabel dan secara bersama-sama dapat menggunakan suatu peralatan seperti hardware atau software,tentunya terhubung dengan jaringan.Sistem jaringan ini juga bersifat berbagi sumber daya (printer dan CPU),alat komunikasi instan,dan dapat mengakses informasi (perambahan web).

B.     Jenis-Jenis Sistem Jaringan Komputer

v  Berdasarkan proses data ,jaringan dibedakan :
1.      Sistem Jaringan Peer-to-Peer
       Sebuah sistem jaringan yang dihubungkan sedemikian rupa,sehingga segala fasilitas atau program-program dalam komputer tersebut dapat diakses komputer lainnya.Sistem ini biasanya digunakan pada komputer PC karena biaya yang lebih murah.Jaringan ini tidak memerlukan software khusus seperti halnya dengan server.Setiap komputer dimungkinkan berbagi sumber daya seperti file,printer,CD-ROM,dan berkomunikasi.
2.      Sistem Client-Server
       Jaringan komputer yang berskala besar yang memungkinkan pemrosesan secara terdistribusi.Sistem jaringan ini merupakan perluasan dari sistem jaringan dari LAN dan WAN serta jaringan komputer berskala besar.Dalam sistem ini server dan client dapat berbagi sumber atau resource,fungsi dan pemrosesan.Server dan terminal adalah sebuah terminal cerdas.Perbedaan dengan sistem peer to peer, sistem client server memerlukan sebuah server dan menentukan seluruh keamanan dan biaya cukup mahal sedangkan peer to peer tidak membutuhkan sebuah server dengan keamanan ditentukan oleh masing-masing komputer dengan biaya yang lebih murah.
v  Berdasarkan media transmisi data :
1.      Jaringan Berkabel (Wired Network)
  Pada  jaringan  ini,  untuk  menghubungkan  satu  komputer  dengan
komputer  lain  diperlukan  penghubung  berupa  kabel  jaringan.  Kabel  jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan. Kabel yang digunakan adalah kabel coaxial,twisted pair,dan serat optic.Pada setiap komputer harus dilengkapi dengan kartu antarmuka yang disebut dengan NIC (Network Interface Card) atau LAN (Local Area Network).Jaringan kabel biasanya digunaka pada area kecil,misalnya dalam satu ruangan dan gedung.setiap komputer yang terhubung dalam jaringan MAC Address atau IP Address (Internet Protocol) yang berbeda beda. Jaringan ini memiliki transmisi data 10 s.d. 100 Mbps,delay atau waktu koneksi antar komputer cepat ,transmisi data lancar dan harganya terjangkau murah. Tetapi membutuhkan tempat yang permanen karena sulit berpindah tempat dan membutuhkan waktu lama dalam instalasi.
2.       Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
  Merupakan  jaringan  dengan  medium  berupa  gelombang
elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukankabel untuk menghubungkan antar  komputer  karena  menggunakan  gelombang  elektromagnetik  yang  akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan. Sebagai penghubung dapat digunakan gelombang radio,sinar inframerah,Bluetooth,melalui gelombang microwave.Komputer mobile seperti notebook dan Personal Digital Assistant merupakan komputer nirkabel.Jaringan nirkabel memiliki akses secara real time kepada pengguna jaringan di mana saja selama berada ndalam batas aksesnya.kemudian dengan kecepatan instalasi yang baik,tempat yang digunkan pun fleksibel.sedangkan kelemahannya transmisi data hanya 1-2 Mbps,transmisi data dari komputer berbeda dapat menggannggu satu sama lainnya,biaya peralatannya pun terbilang mahal,terdapat delay dan waktu koneksi yang besar.keaman kurang terjamin serta sinyal-sinyal mudah terputus.Jaringan nirkabel biasanya dibangun pada lembaga pendidikan seperti sekolah dan universitas.yang mencapai hingga 50-100 meter dari pusat wireless atau hotspot.Pembangunan jaringan nirkabel pada area kecil sangat sederhana sekali,kita hanya membutuhkan satu buah wireless acces point sebagai hotspot dan beberapa wireless card adapter yang dipasangkan pada setiap komputer.Untuk jaringan yang lebih luas dapat menggunakan gelombang mikro yang akan dihubungkan melalui satelit, kekurangannya karena memerlukan biaya yang cukup mahal.
v  Berdasarkan distribusi sumber data
1.      Jaringan terpusat
  Jaringan  ini  terdiri  dari  komputer  klien  dan peladen yang  mana
komputer  klien  yang  berfungsi  sebagai  perantara  untuk  mengakses
sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server.
2.      Jaringan terdistribusi
Merupakan  perpaduan  beberapa  jaringan  terpusat  sehingga  terdapat
beberapa  komputer server yang  saling  berhubungan  dengan  klien  membentuk sistem jaringan tertentu.
v  Jaringan Modem
   Modem merupakan media elektronik untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet.Modem bekerja dengan menggunakan sinyal digital yang diterjemahkan menjadi sinyal analoguntuk ditransmisikan atau sebaliknya.menerjemahkan analog menjadi sinyal digital.Bedasarkan teknologinya modem dibagi menjadi :
1.      Modem Dial-Up
 Modem telepon bekerja dengan menggunakan jaringan wireline yaitu kabel telepon demnga kecepatan yang bervariasi.
2.      Cable Modem
     Memiliki cara kerja yang mirip NIC (network Interface Card) atau kartu Ethernet yang dipasang pada komputer untuk Local Area Network (LAN).Perbedaan cara kerja antara Ethernet dengan modem adalah pada masalah jarak.Modem tidak dipengaruhi masalah jarak walau dengan kecepatan 50 Mbps dengan kecepatan 10-100 Mbps atau lebih hanya dapat mencapai jarak kurang lebih 1 km.Proses kerja dari Cable Modem adalah memisahkan sinyal dari TV kabel menjadi dua,yaitu sinyal untuk televise dan sinyal dat yang dihubungkan ke cable modem. Cable Modem dihubungkan dengan kartu jaringan yang terdapat dalam PC.Kecepatan data downstream (data masuk) rata-rata berkisar antara 4-56 Mbps.Sedangkan kecepatan upstream (sinyal keluar) berkisar antara 2546 Kbps hingga 3 Mbps.

C.     Defenisi Topologi Jaringan

           Topologi jaringan adalah sebuah desain jaringan komputer yang akan dibentuk serta menggambarkan bagaiman komputer dan jaringan tersebut terhubung satu sama lain,untuk merancang jaringan komputer berskala besar maupun kecil harus di buat topologinya.Dari rancangan inilah dapat diketahui hubungan atau kebutuhan perangkat keras yang akan digunakan serta cara akses komputer yang tergabung dalam jaringan tersebut.
          Beberapa factor yang mempengaruhi pemilihan topologi tersebut :
·         Biaya : Estimasi biaya yang digunakan untuk merancang sebuah topologi jaringan sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan.
·         Kecepatan : kecepatan akses jaringan yang diinginkan harus sesuai dengan topologi utamanya saat perancangan topologi itu sendiri.
·         Lingkungan : Menjadi suatu factor yang perlu diperhatikan dalam perancangan sebuah topologi jaringan yaitu seperti keadaan listrik,backup dan sebagaiannya terkait hal-hal yang menunjang sebuah topologi jaringan.
·         Skalabilitas : menggambarkan sebesar apa jaringan yang akan dibuat saat perancangan topologi jaringan.
·         Konektivitas : Terkait dengan cara akses pada topologi yang akan kita terapkan .misalnya setiap divisi mengakses web dan database dengan notebook atau thin client.

D.     Jenis-jenis Topologi Jaringan

1.      Topologi Fisik
   Topologi fisik merupakan rancangan jaringan yang menunjang secara fisik tata letak dan kedudukan setiap komputer yang terhubung melalui media komunikasi.
Topologi fisik dibagi menjadi :
a.       Topologi Bus
                            






      Topologi bus menggunakan sistem unicast dan multicast serta broadcast. Unicast yaitu komunikasi antara satu pengirim dan satu penerima.Multicast adalah komunikasi antara satu pengirim dengan banyak penerima. Karakterristik topologi bus,Node – node dihubungkan secara serial sepanjang kabel, dan pada kedua ujung kabel ditutup dengan terminator  Paketpaket data saling bersimpangan pada suatu kabel Tidak diperlukan hub, yang banyak diperlukan adalah Tconnector pada setiap Ethernet card. Problem  yang  sering  terjadi  adalah  jika  salah  satu  node  rusak,  maka  jaringan keseluruhan  dapat  down,  sehingga  seluruh  node  tidak  bisa  berkomunikasi  dalam jaringan tersebut. Dalam topologi ini komputer yang berfungsi sebagai server dan sebagai workstation dihubungkan oleh kabel tunggal atau kabel pusat.
b.     Topologi Ring



\
                Topologi Ring ini memiliki karakteristik dimana node-node dihubungkan secara serial disepanjang kabel,dalam bentuk jaringan seperti lingkaran.Paket paket data dapat dialirkan satu arah dalam suatu arah sehingga collision dapat terhindarkan.Masalah di dalam topologi ini yaitu jika salah satu node rusak maka node yang lain akan ikut rusak dan tidak dapat digunakan lagi.Tipe kabel yang digunakan dapat berupa kabel utp atau patch cable.Dalam topologi ini komputer sentral dihubungkan dengan komputer sentral lainnya atau workstation lainnya sehingga membentuk lingkaran jaringan.Dalam proses informasi,setiap server dan workstation akan menerima dan melewati satu komputer ke komputer lain.Informasi hanya diterima hanya bila sesuai dengan alamat server atau workstation dan bila tidak sesuai alat servernya,informasi akan dilewatkan,keunggulannya tidak akan terjadi suatu tumpukan data karena hanya satu node yang dapat mengirim data pada suatu pengiriman.Jika terjadi sutau masalah pada satu node maka seluruh jaringan akan terganggu.
c.       Topologi Mash






              Topologi Mash memiliki hubungan yang berlebihan antara peralatan-peralatan yang lainnya.Susunan antara satu peralatan dengan peralatan yang lainnya Saling terhubung dengan baik.hanya saja dalam penggunaan topologi mash memerlukan biaya yang cukup mahal,walaupun begitu topologi ini didukung oleh fault tolerance serta relative lebih muda melakukan troubleshoot.Terjaminnya jaringan karena memiliki hubungan yang berlebih.Pada topologi ini semua komputer terhubung pada sentral atau node.Setiap komputer sentral ini terhubung secara penuh. Setiap komputer harus menyediakan jumlah saluran yang dibutuhkan masing-masing komputersentral lainnya.Kelemahannya kurang ekonomis dan relative mahal semakin banyak sentral tingkat kerumitan dalam saluran semakin tinggi.
d.      Topologi Star
     Topologi star yaitu setiap node berkomunikasi dengan konsentrator (HUB).Bila setiap paket data yang masuk ke consentrator kemudian di broadcast keseluruh node yang terhubung sangat banyak serta sangat mudah dikembangkan.Jika salah satu Ethernet atau card rusak tidak akan mengganggu sistem yang lain,tipe kabel yang digunakan berupa kabel UTP.Pada topologi ini memiliki satu komputer sentral.Setiap komputer dalam jaringan dihubungkan ke komputer server secara langsung atau melaui HUB dengan tingkat kerumitan yang lebih rendah.Penambahan jumlah saluran hanya dilakukan oleh satu komputer saja sebagai sentral dengan menggunakan HUB.kelemahannya membutuhkan banyak kabel dan memiliki beban berat yang memungkinkan terjadinya kerusakan.

e.       Topologi Pohon
    Topologi Pohon disebut juga topologi jaringan bertingkat biasanya digunakan untuk interkoneksi antarsentral dan hirearki yang berbeda.Semakin tinggi tingkat hirearki suatu komputer digamabrkan semakin keatas dan begitu pula sebaliknya.Topologi ini cocok untuk jenis jaringan komputer.Keunggulan dari topologi ini yaitu jika salah satu kabel putus pada workstation atau client,tidak akan mengganggu hubungan workstation dan client lainnya.Selain itu mudah dalam instalasi dan pemeliharaannya.
f.       Topologi Hybrid
     Memiliki semua karakteristik atau ciri-ciri dari jaringan dasar yang dimiliki.

2.      Topologi Logik
   Topologi ini menyankut cara akses yang digunakan oleh setiap komputer/device yang terhubung dalam jaringan.
Jenis-jenis topologi logic :
a.       Topologi Broadcast : suatu host mengirimkan data dari suatu host kesemua host dalam jaringan melalui media komunikasi dengan metode FIFO (First In First Out) yaitu data yang lebih dahulu masuk akan diproses dulu sebelum data baru masuk.
b.      Topologi TokenRing : Setiap simpul dalam topologi ini memiliki daya atau tingkat sama.Data yang digunakan disebut Loop,Kemudian data yang sampai disetiap simpul akan dicek alamtnya benar data tersebut dikirimkan untuknya atau tidak.



BAB IV
PENUTUP
A.     Kesimpulan

Kebutuhan informasi bagi manusia tidak cukup hanya dengan penggunaan teknologi sebatas pengolahan data saja mereka ingin berkembang dimana terjadi sebuah pertukaran data maupun informasi baik dekat maupun jauh sehingga manusia banyak melakukan penelitian hingga ditemukan berbagai metode perancanagan jaringan atau topologi jaringan dari berbagai macam kelebihan dan kekurangan masing-masing serta penggunaannya harus sesuai dengan elemen-elemen yang digunakan karena jika tidak sesuai suatu jaringan yang di susun tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.Topologi jaringan dibedakan menjadi topologi pohon,topologi hybrid,topologi star,topologi mash ,topologi ring dan lain sebagaiannya.topologi inilah yang banyak digunakan dalam sistem jaringan dalam hal koneksi antar komputer sehingga pertukaran data dan informasi baik melalui atau tampa melalui kabel dapat terjadi.

B.   Kritik dan Saran
·         Dari penyusun : sistem jaringan semakin banyak digunakan sehingga untuk kata ketinggalan informasi bukan lagi alasan untuk tidak berkembang perancangan topologi jaringan pun sekarang sudah semakin banyak ditawarkan dan digunakan ,informasi semakin mudah didapatkan,namun penggunaannya juga harus sebatas digunakan untuk hal-hal yang positif .Ada yang mengatakan Negara yang maju adalah Negara yang menguasai teknologi maka dari itu harus kuasai teknologi.
·         Saran dari pembaca :

0 komentar:

Post a Comment