pengantar ilmu komputer

Sunday 27 October 2013


MAKALAH
PENGANTAR ILMU KOMPUTER
logonya unhas.jpg

ANDI DANIAH PAHRANY
H11113303

JURUSAN MATEMATIKA PRODI MATEMATIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS HASANUDDIN
TAHUN AJARAN 2013/2014
KATA PENGANTAR
basmalah.jpg
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
            Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT, karena atas berkat rahmat dan karunia-Nya lah sehingga saya bisa menyelesaikan tugas Pengantar Ilmu Komputer ini dengan tepat waktu. Dan tak lupa kita kirimkan Shalawat dan salam kepada junjungan Nabiullah Muhammad SAW yang telah memabawa kita dari alam kegelapan menuju alam yang terang bendarang seperti saat ini.
            Terima kasih juga tak lupa saya haturkan kepada Bapak DR. Armin Lawi, M.Eng yang telah memberikan bimbingan untuk menyelesaikan tugas Pengantar Ilmu Komputer terkhususpada Teknologi Informasi kepada kami. Untuk itu saya berharap adanya kritikan dari siapapun yang membaca, agar kedepannya saya bisa memperbaiki atau menyempuranakan hal-hal yang masih perlu untuk diperbaiki.
            Semoga makalah yang sederhana ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membaca, serta mendapatkan hasil yang baik dari penilai atau pembacanya. Sebelum itu saya memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam makalah ini masih terdaoat banyak kesalahan karena sesungguhnya kesempurnaan hanya milik Alaah SWT semata.
            Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Makassar, 22 Oktober 2013

Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar  Belakang
Sistem informasi yang semakin berkembang membuat kita sebagai orang-orang yang ada di dalamnya mau tidak mau harus ikut berpartisipasi dalam proses tersebut. Oleh karena itu, jika kita ingin turut serta tentunya kita harus mengetahui hal-hal dasar dari perkembangan teknologi informasi yang kedepannya pasti akan semakin berkembang lagi.
1.2  Tujuan
Untuk mengetahui mengenai interpreter (html) dan cara penggunaannya, compiler (pascal) dan cara menggoprasiakannya, keamanan dan virus komputer dan yang terakhir topologi jaringan serta konsep dasar sistem jaringan komputer.
1.3  Rumusan Masalah
1.      Apakah definisi interpreter?
2.      Apa saja jenis –jenis intepreter?
3.      Apa saja kelebihan dan kekurangan HTML?
4.      Bagaimana cara kerja HTML?
5.      Apakah yang dimaksud compiler?
6.      Bagaimana cara kerja compiler?
7.      Apa definisi dari virus komputer ?
8.      Bagaimana akibat virus komputer?
9.      Bagaiman cara menangani virus computer?
1.      Apa defenisi Sistem Jaringan Komputer ?
2.      Apa jenis-jenis Sistem Jaringan Komputer ?
3.      Apa defenisi Topologi Jaringan Komputer ?
10.  Apa jenis-jenis Topologi Jaringan
BAB II
INTERPRETER
II.1 Pengertian Interpreter
Interpreter adalah suatu perangkat lunak yang digunakan untuk mengeksekusi atau melakukan perintah yang telah ditulis oleh programmer dalam bahasa pemprograman tertentu. Kode – kode bahasa tersebut ditulis dalam bentuk source code murni, yang kemudian akan diterjemahkan ke bahasa mesin sehingga kode – kode tersebut dapat dimengerti dan dijalankan insturksinya. Contoh interpreter seperti HTML.
II.2 Jenis-Jenis Interpreter 
Interpreter sendiri terbagi atas tiga jenis yaitu :
1.      Interpreter yang mengeksekusi source code secara langsung.
2.      Interpreter mengartikan source code ke dalam bentuk tertentu p-code kemudian langsung mengeksekusinya.
Interpreter yang mengeksekusi kode yang telah dibuat sebelumnya oleh komplier yang merupakan bagaian dari system penerjemahan.
II.3 Kelebihan dan Kekurangan Interpreter
Interpreter sebagai salah satu program penerjemahan tentunya memiliki  beberapakelebihan diantaranya interpreter hanya memerlukan waktu yang singkat untuk menerjemahkan programnya. Hanya memerlukan satu tahap dalam pembuatan kodenya. Tidak menggunakan linker sehingga mudah dalam proses pengeksekskusiannya. Compactible untuk program – program kecil. Hasil pengeksekusiannya berupa satu kesatuan dalam bahasa mesin. Disamping kelebihan interpreter juga memiliki beberpa kekurangan seperti pengeksekusian program relative lamban karena kode yang dihasilkan berupa kode lanjutan.
II.4 Cara Kerja HTML
File HTML serupa dengan file dokumen biasa akan tetapi tulisan – tulisan yang termuat di dalam memuat suatu perintahah yang di tandai dengan kode tertentu (tag). Dokumen HTML tersebut secara tekniks akan langsung diterjemahkan oleh web browser sehingga membentuk suatu halaman web.
Dalam penulisan HTML terdapat beberapa peraturan diantaranya sebagai berikut:
1.      Tag HTML ditulis dengan diapit oleh dua karakter kurung siku “<” dan “>”
2.      Biasanya tag HTML ditulis berpasangan seperti “<div>” dan </div>”
3.      Tag pertama dalam pasangan HTML sebagai tag awal sedangan tag kedua sebagai tag akhir “<index>” diakhiri dengan “</index>”.
4.      Pada tag HTML tidak mempermasalahkan bentuk huruf contohnya “<b>” sama dengan “<B>”
5.      Jika terdapat dua tag dalam satu penulisan maka penulisan tag tersebut harus beraturan tidak boleh bersilangan. Contoh <b><i> huruf tebal dan miring </i></b>.
6.      Penulisan HTML selalu diawali denga <html> dan diakhiri dengan </html>.
Mendesain HTML dapat dilakukan dengan HTML editor ( seperti Microsoft Front Page, Adobe Dreamwaever, dan lain – lain) atau dengan menuliskan tag HTML satu persatu ke dalam dokumen HTML yang dibuat dengan menggunakan program windows seperti notepad yang kemudian disimpan dengan ekstensi .htm atau .html.Tampilan dari HTML yang telah didesain dapat dilihat dengan menggunakan web browser.



BAB III
COMPILER
III.1 Pengertian Kompilator
            Kompilator adalah bahasa pemrograman yang menerjemahkan bahasa program (source code) ke dalam bahasa objek (obyek code). Pada compilator keseluruhan dari semua bahasa digabungkan, kemudian mengumpulkannya dan menyusunnya kembali.
III.2 Konsep Kerja Kompilator (Turbo Pascal)
            Pertama-tama kita membuat source code atau program yang ditulis, dimana program ini akan terbaca ke memori komputer. Selanjutnya code tersebut diubah menjadi obeyek code (bahasa assembly). Lalu Objek code di hubungkan dengan liberary yang dibutuhkan untuk membentuk file yang bisa dieksekusi.
            Pada tahapan ini compiler memerlukan waktu untuk membuat suatu program dapat di eksekusi oleh computer, program yang dieksekusi oleh compiler adalah dapat berjalan lebih cepat dibanding program yang diperoduksi oleh interpreter, disamping itu juga bersifat independen.
            Pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai penggunaan atau cara kerja compiler terkhusus pada pascal dengan menggunakan aplikasi turbo pascal.
Program pascal yang paling sederhana adalah program yang hanya terdiri dari senuah bagian pernyataan saja. Bagian prnyataan merupakan bagian yang terkahir dari suatu blok. Bagian ini diawali dengan kata Begin dan diakhiri dengan kata End. Jadi suatu program pascal yang paling sederhana dapat berbentuk


Begin
            Pernyataan;
End.
           
 
 


           

Bagian pernyatan menunjukkan suatu tindakan yang akan dikerjakan oleh program. Tindakan yang akan dilakukan program, bergantuk dari instruksi-instruksi yang diberikan. Pernyataan-pernyataan yang diberikan untuk dikerjakan ditulia diantara kata Begin dan End. Akhir penulisan End  yang harus diakhhiri dengan tanda titik. Sebagai contoh, kami akan menunjukkan pertnyataan yang akan diterjemahkan, yang ada di antara 2 kata yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Begin
            Writeln(‘test’);
End.
           
 
 




2.2.2 Penulisan Program Pascal
            Turbo pascal tidak mengenal aturan penulisan pada kolom tertentu, jadi kita bisa menulis pada kolom yang kta inginkan. Penulisan pernyataan-pernyataan pada umumnya menjorok masuk, padahal hal tersebut tidak mempengaruhi proses penerjemaahan, tp hal ini dimaksudkan agar dapat mempermudah pembaca program, sehingga akan lebih terlihat bagian-bagiannya. Dan tidak lupa pada seriap akhir pernyataan diakhiri dengan tanda titik koma.
Contoh :
Begin
            Writeln(‘Pascal’);
            Writeln(‘test’);
End.
           
           
 
 



                                                                                                                                     
2.2.3 Judul Program
            Pada turbo Pascal, judul program bersifat opsional dan tidak terlalu berarti dalam program. Jika ditulis dapat digunakan untuk memberi nama program dan daftar dari parameter tentang komunikasi program dengan lingkungan yang sifatnya hanya sebagai dokumentasi saja. Bila judul program ditulis, harus terletak pada awal dari program dan diakhiri dengan titik koma. Judul program ditulis dalam satu kata, jika lebih dari dua ata harus disambung dengan tanda hubung bawah (tidak boleh ada spasi kosong).


Program Contoh_awal;
Begin
            Writeln(‘Pascal’);
            Writeln(‘test’);
End.
           
           
 
 




Judul program sifatnya hanya sebgai dokumentasi saja, tidak berkaitan dengan proses pemrograman.
2.3 Elemen-elemen program Pascal
            Agar dapat memepelajari suatu bahasa pemrograman komputer dengan benar, pertama-tama yang harus kita ketahui yaitu mengenai struktur dari program yang akan dibuat dengan bahasa tersebut. Adapun elemen-elemen yang membentuk program tersebut akan dibahas lebih lanjut pada sub bab ini.
2.3.1 Simbol-simbol dasar
            Program Pascal dapat dibentuk dari simbol-simbol yang terdiri dari huruf-huruf, angka, dan simbol-simbol khusus.
1.      Huruf
Huruf yang digunakan adalah huruf A sampai dengan Z, a sampai dengan z dan garis bawah _ (garis bawah). Sedangkan penggunaan huruf kapital dan huruf kecil dianggap sama.
2.      Angka
Angka yang digunakan adalah angka 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
3.      Simbol khusus
Simbol khusus yang dapat digunakan adalam :+-*/=^()[]{},.;:’#$<>

2.3.2 kata cadangan
            Kata cadangan adalah kata-kata yang sudah didefinisikan oleh Pascal dimana kata-kata tersebut mempunyai maksud tertentu. Kata-kata cadangan tidak boleh didefinisikan ulang oleh pemakai, sehingga tidak dapat dipergunakan sebagai pengenal.
            Adapun contoh dari kata cadangan pada Pascal yaitu:
And                 Array               Begin               Case                Cosnt
Div                  Do                   Downto           Else                 End
File                  For                   Forward          Function          Goto
It                     In                     Label               Mcd                 Nil
Not                  Of                    Or                    Procedure        Program
Record                        Repeat             Set                   Shl                   Shr
String              Then                To                    Type                Until
Uses                Var                  While               With                Xor


BAB IV
KEAMANAN DAN VIRUS KOMPUTER
IV. 1 Pengertian virus komputer
            Virus komputer adalah Aplikasi atau program pada komputer yang bisa merusak program suatu komputer atau pun juga dapat merusak data dokumen yang terdapat pada komputer, virus komputer membuat pengguna komputer merasa terganggu atau pun tidak menimbulkan pengaruh apa pun. Ada 5 syarat agar aplikasi tersebut disebut dengan virus yaitu :
1.      Kemampuan untuk mendapatkan informasi
2.      Kemampuan untuk mendapatkan informasi
3.      Kemampuan untuk menggandakan diri
4.      Kemampuan mengadakan manipulasi
5.      Kemampuan Menyembunyikan diri
IV.2 Akibat dari virus komputer
Dampak virus komputer bermacam-macam. Ada yang ringan ada juga yang berat. Diantaranya :
1.      Komputer berjalan lambat dari normal
2.      Sering keluar pesan eror atau aneh-aneh
3.      Perubahan tampilan pada computer
4.      Media penyimpanan seperti disket, flashdisk, dan sebagainya langsung mengkopi file aneh tanpa kita kopi ketika kita hubungkan ke komputer.
5.      Komputer suka restart sendiri atau crash ketika sedang berjalan.
6.      Suka muncul pesan atau tulisan aneh
7.      Komputer hang atau berhenti merespon kita.
8.      Harddisk tidak bisa diakses
9.      Printer dan perangkat lain tidak dapat dipakai walaupun tidak ada masalah hardware dan software driver.
10.  Sering ada menu atau kotak dialog yang error atau rusak.
11.  Hilangnya beberapa fungsi dasar komputer.
12.  Komputer berusaha menghubungkan diri dengan internet atau jaringan tanpa kita suruh.
13.  File yang kita simpan di komputer atau media penyimpanan hilang begitu saja atau disembunyikan virus. dan lain-lain.
IV.3 Cara Menangani virus kompter
·         Pendidikan. Menggunakan software – software yang diberi dari sumber – sumber yang terpercaya.
·         Jangan menggunakan software bajakan karena berpotensi mengandung virus..
·         Sering – seringlah membuat backup untuk file – file yang penting ke media eksternal yaitu diluar sistem komputer yang pembaca pakai. Media eksternal yang dimaksud dapat berupa disket atau tape.
·         Menginstall antivirus yang cukup handal.
·         Menghidupkan fitur virus alert pada program anti virus yang telah diinstall..
·         Membuat Rescue Disk atau Emergency Disk. B
·         Memonitor instruksi – instruksi komputer yang berisiko ditunggangi oleh aktivitas virus.
·         Untuk menghilangkan virus yang menetap di memory, sebaiknya pembaca melakukan booting dingin daripada hanya menekan CTRL-ALT-DEL. Booting dingin dapat dilakukan dengan menekan tombol power.
·         Secara teratur melakukan scanning virus dengan menggunakan program anti virus yang handal semacam McAfee atau AVP, dll. Dan juga perbaharui database-nya dengan update terbaru, sehingga anti virusnya tidak ketinggalan jaman. Dan jangan pernah menjalankan program – program baru sebelum discan terlebih dahulu.
·         Selalu lakukan scan terhadap flashdisk yang masuk ke dalam PC dan laptop anda.Langkah ini merupakan langkah wajib yang harus Anda lakukan !
·         Scan juga Cd yang masuk ke dalam Cd drive anda. Langkah ini mirip dengan yang pertama. Tetapi untuk men-scan sebuah CD atau DVD memang lebih repot, terutama CD atau DVD yang hanya bisa sekali tulis atau CD R. Maka dari itu, hal terpenting ialah saat Anda akan mem-burn file atau data pastikan file tersebut bebas dari virus dan worm.
·         Lakukan scan terhadap harddisk Anda, tiap kali akan mulai bekerja dengannya. Scan harddisk merupakan langkah ketiga yang tidak kalah pentingnya. Scan harddisk ini selain untuk men-scan Virus, juga bisa digunakan untuk membuat komputer lebih bekerja dengan cepat karena virus yang terdeteksi ( jika ada ) akan dihapus dan hal ini tentu saja membuat harddisk Anda lebih aman dari serangan virus saat bekerja. Sebaiknya Scan Harddisk saat akan mulai dan sesudah selesai bekerja dengan komputer atau laptop Anda.
·         Proteksi flash disk anda, jika anda memasukaannya ke dalam PC atau notebook orang lain. Langkah ke empat ini merupakan jurus optional. Karena semua itu tergantung kepada Anda, Anda dapat men-scan flash disk itu di tempat Anda sendiri. Tetapi Anda bisa melakukan proteksi terhadap flash disk Anda, selain lebih aman, hal ini juga tidak boros waktu. Namun, proteksi flash disk ini akan memakan space flash disk.
·         Jangan sembarangan men-download attachment. Ini merupakan langkah yang dikhususkan ke Avatar. Begitu juga kepada Anda yang sering download, mendownload file maupun gambar. Pastikan file yang Anda download sudah ter-scan oleh penyedia download Anda dan ada stempel bebas virus ! Jangan sekali-kali mendownload file yang mencurigakan dan tidak dikenal, karena virus, worm, spyware, trojan dan hacker bisa mengawasi Anda melalui file mencurigakan tadi.
·         Selektif dalam membuka e-mail. Hampir setiap orang didunia saat ini mempunyai email. Baik yang punya komputer dan laptop pribadi, maupun yang hanya punya handphone. Dengan berkembangnya email di dunia ini, ini juga menjadi sasaran empuk penjahat cyber untuk melakukan aksinya lewat email, baik hanya sekedar spam sampai ke penipuan, begitu juga dengan virus, virus ini biasanya diselipkan pada file yang terlampir pada email tersebut. Jadi kalau kita mendapat email yang tidak dikenal, alangkah baiknya kita biarkan saja atau me-remove email itu sekalian.
·         Men-download microsoft outlook security patch ke dalam sistem komputer anda. Dengan mendownload ini, maka komputer anda akan terlindungi melalui server microsoft jika terhubung ke internet beberapa waktu, untuk info lebih lanjut. Cari di google dan untuk mendownloadnya dapat mencari link downloadnya di google.
·         Menonaktifkan windows scripting host.WSH atau yang dikenal sebagai Windows Script Host adalah salah satu option yang disediakan oleh Microsoft untuk menjalankan aplikasi VBS. Dengan berkembangnya virus-virus di dunia maya sekarang ini, banyak sekali para pembuat virus menggunakan fasilitas tersebut untuk menjalankan virus-virus yang berektensi VBS. Sebut saja virus VBS. Redlof dan VBS, Lovelorn mungkin masih banyak lainnya yang akan menyusul.
















BAB V
TOPOLOGI JARINGAN SERTA KONSEP DASAR DARI SISTEM JARINGAN KOMPUTER
V.1 Pengertian Jaringan Komputer

     Jaringan Komputer dapat diartikan sebagai sekumpulan komputer dan peralatan lain seperti printer yang saling terhubung. Informasi dan data-data bergerak melalui kabel-kabel sehingga dapat saling bertukar data,teks atau informasi kemudian dapat mencetak pada printer yang sama kemudian dapat menggunkan hardware dan software yang sama terhubung dengan jaringan.

V.2  Jenis Jaringan komputer
1.      LAN (Local Area Network)
Merupakan suatu jaringan internal yang banyak digunakan dalam gedung atau kampus
2.      MAN (Metropolitan Area Network)
  Sama halnya dengan LAN namun dengan jangkauan wilayah yang lebih luas, Jaringan ini dapat menjangkau anatar dua perusahaan atau organisasi yang saling berdekatan.Banyak digunakan unutk keperluan umum atau swasta.
3.      WAN (Wide Area Network)
 Jaringan ini mencakup daerah geografis suatu wilayah yang luas. Bahakan dapat mencakup suatau Negara atau benua,jaringan ini banyak menggunkan mesin-mesin dengan tujuan menjalankan program atau aplikasi-aplikasi dari pemakai.
4.      Internet
Digunakan masyarakat umum untuk dapat terhubung dengan orang lain,saling bertukar informasi,data dan berbagai macam aktivitas lainnya.



BAB VI
PENUTUP
VI.1 Kesimpulan
·         Interpreter adalah abahsa pemrograman yang berfungsi untuk menerjemahkan kata baris perbaris, dan apabila terdapat kesalahan dalam kata-kata yang akan diterjemahkan, penerjemahannya akan tetap berjalan dan hanya tidak menerjemahkan bagian yang salah tersebut.
·         Compiler meruakan bahasa pemrograman yang bekerja secara keseluruan, jadi apabila dari kata yang ingin diterjemahkan terdaoat kesalahan makan pergram tersebut tidak dapat mengeksesuksi kata yang lainnya.
·         Terdapat banyak virus yang dapat membahayakan komputer namu ada beberapa cara agar komputer tersebut dapat terhindar dari virus diantaranya dengan menggunakan antivirus yang berbeda dan masih bnyk hal lain lagi.
·         Pada topologi jaringan terdapat macam-macam model topo;logi, mulai dari topologi bus, topologi star dan topologi lainnya.














           












0 komentar:

Post a Comment