Keamanan dan Virus Komputer

Sunday 27 October 2013


A.    Pengertian Virus Komputer
Virus komputer adalah Aplikasi atau program pada komputer yang bisa merusak program suatu komputer atau pun juga dapat merusak data dokumen yang terdapat pada komputer, virus komputer membuat pengguna komputer merasa terganggu atau pun tidak menimbulkan pengaruh apa pun. Virus komputer tidak jauh berbeda dengan virus biologi yang menyebar dengan cara menyisipkan diri sendiri ke sel suatu mahluk hidup yang menjadi sasarannya. dan cara kerja Virus komputer menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain.
Suatu Virus pada komputer pada umumnya bisa merusak Software atau perangkat lunak komputer dan tidak secara langsung merusak perangkat keras komputer, virus komputer dapat merusak perangkat keras suatu komputer dengan cara memuat program pada komputer untuk memaksa over process ke perangkat tertentu misalnya VGA, Memory, hardisc atau pun bahkan Procesor. Pengaruh buruk dari virus komputer yang paling utama adalah virus yang selalu memperbanyak diri sendiri, yang dapat membuat sumber daya pada komputer, misalnya pada penggunaan memori, menjadi berkurang.
Hampir sembilan puluh lima persen Virus menyerang pada sistem operasi yang berbasis Windows. Sisanya, yaitu dua persen virus menyerang pada sistem operasi Linux / GNU dengan versi kernel dibawah 1.4 (dan Unix, sebagai source dari Linux, tentunya), satu persen menyerang Mac terutama Mac OS 9, Mac OS X (Tiger, Leopard). dua persen lagi menyerang sistim operasi lain seperti FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System.

Suatu program yang disebut virus baru dapat dikatakan adalah benar benar virus apabila minimal memiliki 5 kriteria : 

1.      Kemampuan untuk mendapatkan informasi
Pada umumnya suatu virus memerlukan daftar nama-nama file yang ada dalamsuatu directory, untuk apa? agar dia dapat mengenali program program apasaja yang akan dia tulari,semisal virus makro yang akan menginfeksi semuafile berekstensi *.doc setelah virus itu menemukannya, disinilah kemampuanmengumpulkan informasi itu diperlukan agar virus dapat membuat daftar/data semua file, terus memilahnya dengan mencari file-file yang bisaditulari.Biasanya data ini tercipta saat program yang tertular/terinfeksiatau bahkan program virus ini dieksekusi. Sang virus akan segera melakukan pengumpulan data dan menaruhnya di RAM (biasanya :P ) , sehingga apabilakomputer dimatikan semua data hilang tetapi akan tercipta setiap program bervirus dijalankan dan biasanya dibuat sebagai hidden file oleh virus .
2.      Kemampuan memeriksa suatu program
Suatu virus juga harus bias untuk memeriksa suatu program yang akanditulari, misalnya ia bertugas menulari program berekstensi *.doc, dia harus memeriksa apakah file dokumen ini telah terinfeksi ataupun belum,karena jika sudah maka dia akan percuma menularinya 2 kali. Ini sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan suatu virus dalam hal kecepatanmenginfeksi suatu file/program.Yang umum dilakukan oleh virus adalahmemiliki/ memberi tanda pada file/program yang telah terinfeksisehingga mudah untuk dikenali oleh virus tersebut . Contoh penandaanadalah misalnya memberikan suatu byte yang unik disetiap file yangtelah terinfeksi.
3.      Kemampuan untuk menggandakan diri
Kalo ini emang virus "bang-get", maksudnya tanpa ini tak adalah virus.Inti dari virus adalah kemampuan mengandakan diri dengan cara menulari program lainnya. Suatu virus apabila telah menemukan calon korbannya(baik file atau program) maka ia akan mengenalinya dengan memeriksanya, jika belum terinfeksi maka sang virus akan memulai aksinya untuk menularidengan cara menuliskan byte pengenal pada program/ file tersebut,danseterusnya mengcopikan/menulis kode objek virus diatas file/programyang diinfeksi. Beberapa cara umum yang dilakukan oleh virus untuk menulari/ menggandakan dirinya adalah:a.File/Program yang akan ditulari dihapus atau diubah namanya. kemudiandiciptakan suatu file menggunakan nama itu dengan menggunakan virustersebut (maksudnya virus mengganti namanya dengan nama file yang dihapus) b.Program virus yang sudah di eksekusi/load ke memori akan langsungmenulari file-file lain dengan cara menumpangi seluruh file/programyang ada.4
 
4.      Kemampuan mengadakan manipulasi
Rutin (routine) yang dimiliki suatu virus akan dijalankan setelah virusmenulari suatu file/program. isi dari suatu rutin ini dapat beragammulai dari yang teringan sampai pengrusakan. rutin ini umumnya digunakanuntuk memanipulasi program ataupun mempopulerkan pembuatnya! Rutin inimemanfaatkan kemampuan dari suatu sistem operasi (Operating System) ,sehingga memiliki kemampuan yang sama dengan yang dimiliki sistemoperasi. misal:a.Membuat gambar atau pesan pada monitor  b.Mengganti/mengubah ubah label dari tiap file,direktori,atau label daridrive di pcc.Memanipulasi program/file yang ditularid.Merusak program/filee.Mengacaukan kerja printer , dsb
5.      Kemampuan Menyembunyikan diri
Kemampuan Menyembunyikan diri ini harus dimiliki oleh suatu virus agar semua pekerjaan baik dari awal sampai berhasilnya penularan dapat terlaksana.langkah langkah yang biasa dilakukan adalah:
-Program asli/virus disimpan dalam bentuk kode mesin dan digabung dengan program lain yang dianggap berguna oleh pemakai
.-Program virus diletakkan pada Boot Record atau track yang jarangdiperhatikan oleh komputer itu sendiri-Program virus dibuat sependek mungkin, dan hasil file yang diinfeksi tidak  berubah ukurannya-Virus tidak mengubah keterangan waktu suatu file-dll

Jenis Virus Komputer
Jenis – Jenis Virus Komputer dilihat dari cara kerja nya yaitu :
1.       Worm : virus yang dapat terus menerus menggandakan dirinya, sehingga membuat harddisk penuh dan komputer lambat.
2.      Trojan : virus yang mencuri data pribadi (mis : email beserta passwordnya, dll) dan mengirimnya kembali kepada pembuat virus tersebut.
3.       Backdoor : mirip dengan trojan. Bedanya, virus jenis backdoor biasanya berupa file normal. Contohnya game,dll.
4.      Spyware : virus yang bertugas untuk memata-matai komputer yang telah diinfeksinya
5.      Rootkit : virus yang bekerja seperti halnya program komputer biasa.
6.      Metamorphic virus : virus yang dapat merubah kodenya sendiri, sehingga tidak mudah  untuk mendeteksinya.









B.       Akibat Virus komputer
Dampak virus komputer bermacam-macam. Ada yang ringan ada juga yang berat. Diantaranya :
1.      Komputer berjalan lambat dari normal
2.      Sering keluar pesan eror atau aneh-aneh
3.      Perubahan tampilan pada computer
4.      Media penyimpanan seperti disket, flashdisk, dan sebagainya langsung mengkopi file aneh tanpa kita kopi ketika kita hubungkan ke komputer.
5.      Komputer suka restart sendiri atau crash ketika sedang berjalan.
6.      Suka muncul pesan atau tulisan aneh
7.      Komputer hang atau berhenti merespon kita.
8.      Harddisk tidak bisa diakses
9.      Printer dan perangkat lain tidak dapat dipakai walaupun tidak ada masalah hardware dan software driver.
10.  Sering ada menu atau kotak dialog yang error atau rusak.
11.  Hilangnya beberapa fungsi dasar komputer.
12.  Komputer berusaha menghubungkan diri dengan internet atau jaringan tanpa kita suruh.
13.  File yang kita simpan di komputer atau media penyimpanan hilang begitu saja atau disembunyikan virus. dan lain-lain...

C.    Menangani Virus Komputer
 Berikut ini saran – saran yang amat bermanfaat bagi pembaca dalam melindungi diri dari serangan virus :
·         Pendidikan. Perbanyak pengetahuan yang benar mengenai virus komputer, seperti bagaimana virus bekerja, virus – virus baru yang datang, dll. setidaknya pembaca akan terbentengi dari rumor – rumor/isu yang tidak benar tentang virus komputer dan tidak bingung ketika virus komputer menyerang system pembaca. Pembaca dapat memperkaya pengetahuan tentang virus dari majalah, buku, internet, dll. Untuk internet, dapat di website, milis atau yang terbanyak di Newsgroup alt.comp.virus.
·         Menggunakan software – software yang diberi dari sumber – sumber yang terpercaya.
·         Jangan menggunakan software bajakan karena berpotensi mengandung virus. Walaupun ini terasa sulit untuk diterapkan di Indonesia tetapi tetaplah berusaha.
·         Sering – seringlah membuat backup untuk file – file yang penting ke media eksternal yaitu diluar sistem komputer yang pembaca pakai. Media eksternal yang dimaksud dapat berupa disket atau tape.
·         Menginstall antivirus yang cukup handal. Penulis sarankan untuk menginstall antivirus setidaknya dua antivirus, karena kelemahan dan keterbatasan antivirus yang satu dapat ditutupi dengan anti virus yang lainnya.
·         Menghidupkan fitur virus alert pada program anti virus yang telah diinstall. Sudah banyak program – program anti virus yang mempunyai fitur seperti ini diantaranya dari McAfee Anti Virus, yaitu dengan menghidupkan fitur VShield sehingga pada system tray komputer (pojok kanan bawah) terdapat lambang seperti huruf V. Manfaatnya, ketika kita memanggil suatu program, Vshield akan melakukan scanning apakah program mengandung virus atau tidak. Bila program terinfeksi virus maka akan tampil layar biru di monitor, bila tidak program akan terus dieksekusi. Fitur VShield ini dapat juga diset untuk menscan email yang masuk dari internet yaitu dengan mengaktifkan fitur email scan.
·         Membuat Rescue Disk atau Emergency Disk. Banyak program seperti Norton Utilities yang mempunyai fasilitas untuk membuat rescue disk yang amat diperlukan bila dalam keadaan darurat. Biasanya sebuah rescue disk akan memuat informasi tabel partisi, master boot record (MBR), setting CMOS, dan data – data system lainnya.
·         Memonitor instruksi – instruksi komputer yang berisiko ditunggangi oleh aktivitas virus. Untuk keperluan ini lebih mudahnya pembaca menggunakan software virus detection tools yang dapat diperoleh di internet, diantaranya :
¨ CHK4Bomb. Memonitor instruksi ‘Write’ pada sektor disk.
¨ EARLY. Memonitor program dalam menggunakan instruksi OUT, INT 13H dan INT 26H.
·         Untuk menghilangkan virus yang menetap di memory, sebaiknya pembaca melakukan booting dingin daripada hanya menekan CTRL-ALT-DEL. Booting dingin dapat dilakukan dengan menekan tombol power.
·         Secara teratur melakukan scanning virus dengan menggunakan program anti virus yang handal semacam McAfee atau AVP, dll. Dan juga perbaharui database-nya dengan update terbaru, sehingga anti virusnya tidak ketinggalan jaman. Dan jangan pernah menjalankan program – program baru sebelum discan terlebih dahulu.
·         Selalu lakukan scan terhadap flashdisk yang masuk ke dalam PC dan laptop anda.Langkah ini merupakan langkah wajib yang harus Anda lakukan ! Karena penyebaran virus lewat media flash disk masih banyak terjadi dan anehnya, pemilik flash disk tersebut terkadang tidak tahu kalau flash disknya sudah menjadi sarang virus ganas maupun ringan. Maka dari itu kita wajib men-scan setiap flash disk yang masuk ke komputer atau laptop kita sebagai langkah awal menghalau virus masuk dan menginfeksi komputer kita.
·         Scan juga Cd yang masuk ke dalam Cd drive anda. Langkah ini mirip dengan yang pertama. Tetapi untuk men-scan sebuah CD atau DVD memang lebih repot, terutama CD atau DVD yang hanya bisa sekali tulis atau CD R. Maka dari itu, hal terpenting ialah saat Anda akan mem-burn file atau data pastikan file tersebut bebas dari virus dan worm.
·         Lakukan scan terhadap harddisk Anda, tiap kali akan mulai bekerja dengannya. Scan harddisk merupakan langkah ketiga yang tidak kalah pentingnya. Scan harddisk ini selain untuk men-scan Virus, juga bisa digunakan untuk membuat komputer lebih bekerja dengan cepat karena virus yang terdeteksi ( jika ada ) akan dihapus dan hal ini tentu saja membuat harddisk Anda lebih aman dari serangan virus saat bekerja. Sebaiknya Scan Harddisk saat akan mulai dan sesudah selesai bekerja dengan komputer atau laptop Anda.
·         Proteksi flash disk anda, jika anda memasukaannya ke dalam PC atau notebook orang lain. Langkah ke empat ini merupakan jurus optional. Karena semua itu tergantung kepada Anda, Anda dapat men-scan flash disk itu di tempat Anda sendiri. Tetapi Anda bisa melakukan proteksi terhadap flash disk Anda, selain lebih aman, hal ini juga tidak boros waktu. Namun, proteksi flash disk ini akan memakan space flash disk.
·         Jangan sembarangan men-download attachment. Ini merupakan langkah yang dikhususkan ke Avatar. Begitu juga kepada Anda yang sering download, mendownload file maupun gambar. Pastikan file yang Anda download sudah ter-scan oleh penyedia download Anda dan ada stempel bebas virus ! Jangan sekali-kali mendownload file yang mencurigakan dan tidak dikenal, karena virus, worm, spyware, trojan dan hacker bisa mengawasi Anda melalui file mencurigakan tadi.
·         Selektif dalam membuka e-mail. Hampir setiap orang didunia saat ini mempunyai email. Baik yang punya komputer dan laptop pribadi, maupun yang hanya punya handphone. Dengan berkembangnya email di dunia ini, ini juga menjadi sasaran empuk penjahat cyber untuk melakukan aksinya lewat email, baik hanya sekedar spam sampai ke penipuan, begitu juga dengan virus, virus ini biasanya diselipkan pada file yang terlampir pada email tersebut. Jadi kalau kita mendapat email yang tidak dikenal, alangkah baiknya kita biarkan saja atau me-remove email itu sekalian.
·         Men-download microsoft outlook security patch ke dalam sistem komputer anda. Dengan mendownload ini, maka komputer anda akan terlindungi melalui server microsoft jika terhubung ke internet beberapa waktu, untuk info lebih lanjut. Cari di google dan untuk mendownloadnya dapat mencari link downloadnya di google.
·         Menonaktifkan windows scripting host.WSH atau yang dikenal sebagai Windows Script Host adalah salah satu option yang disediakan oleh Microsoft untuk menjalankan aplikasi VBS. Dengan berkembangnya virus-virus di dunia maya sekarang ini, banyak sekali para pembuat virus menggunakan fasilitas tersebut untuk menjalankan virus-virus yang berektensi VBS. Sebut saja virus VBS. Redlof dan VBS, Lovelorn mungkin masih banyak lainnya yang akan menyusul.































0 komentar:

Post a Comment